ASKEP GAGAL JANTUNG KONGESTIF PDF

Gambaran Asuhan Keperawatan pada Pasien Gagal Jantung Kongestif dengan Penurunan Curah Jantung di Ruang Oleg RSUD Mangusada. Penyakit paru-paru obstruktif kronis (chronic obstructive pulmonary disease/ COPD) dan gagal jantung kongestif (congestive heart failure/CHF) dapat membuat. Askep Gagal Jantung (Chf). Deskripsi lengkap. MAKALAH ASKEP CHF askep igd chf · Askep CHF Gagal Jantung Kongestif. Deskripsi lengkap.

Author: Femi Kabei
Country: Uganda
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 28 June 2006
Pages: 132
PDF File Size: 6.63 Mb
ePub File Size: 16.3 Mb
ISBN: 898-5-56203-485-6
Downloads: 92504
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Zudal

Askep CHF askep chf. Laporan Pendahuluan Askep Chf Full description. Askep Gagal Jantung Chf. Askep Gagal Jantung Chf Deskripsi lengkap. Laporan Pendahuluan Askep Chf.

Laporan Pendahuluan Askep Chf Deskripsi lengkap. Konsep Axkep Medis 1. Fungsi jantung adalah memompa darah kejaringan, menyuplai oksigen, dan zat nutrisi lain sambil mengangkut karbondioksida dan hasil metabolisme. Smeltzer and Bare, a. Anatomi Daerah dipertengahan dada diantara kedua paru disebut mediastinum.

Perikardium, melindungi permukaan jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Sisi kanan dan kiri jantung masing-masing tersusun kongestfi atrium dan ventrikel, dipisahkan o leh septum. Ruangan jantung bagian atas atrium, secara anatomi terpisah dari ruangan jantung sebelah bawah atau ventrikel, oleh suatu unulus fibrosus. Keempat katub jantung terletak dalam cincin ini secra fungsional jantungf dibagi menjadi alat pompa kanan dan kiri, yang memompa darah vena menuju sirkulasi paru-paru, dan darah bersih keper edaran darah sistemik.

Pembagian fungsi ini mempermudah konseptualisasi dari kongestof aliran darah, secara a natomi: Otot jantung adalah jaringan otot khusus yang menyusun dinding jantung. Otot jantung mirip otot serat lurik skelet yang dibawah control contro l kesadaran, namun secara fungsional otot jantung menyerupai karena sifatnya involunter.

Otot jantung itu sendiri dinamakan bagal. Lapisan dalam miokardium yang berhubungan langsung dengan darah dinamakan endokardium, dan lapisan sel dibagian luar dinamakan epikardium. Katub trikuspidalis terletak diantara atrium dekstra dan ventrikel dekstra. Katub bikuspidalis terletak diantara atrium sinistra dan ventrikel sinistra. Katub semilunaris arteri pulmonalis terletak diantara ventrikel dekstra dan arteri pulmonalis.

Sirkulasi darah pada peredaran darah kec il terdiri dari arteri pulmonalis merupakanpembuluh darah yang keluar dari ventrikel dekstra menuju paru-paru. Perbedaan muatan listrik yang tercatat dalam sebuah sel mengakibatkan potensial aksi jantung.

Repolarisasi terjadi saat sel kembali kekeadaan dasar da n sesuai dengan kongestuf otot miokardium. Gaga tersebut melindungi jantung dari kontraksi berkepanjangan yang dapat menjadikan henti jantung mendadak. Koping elektromekanikal dan kontraksi jantung yang normal, tergantung pada komposisi cairan intertisial sekitar otot jantung.

Perbandingan Penyakit Paru Obstruktif Kronis dan Gagal Jantung Kongestif • Hello Sehat

Definisi Ada beberapa pengertian CHF menurut beberapa ahli: Gagal jantung kongestif CHF adalah sindroma yang terjadi bila jantung tidak mampu memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan metabolic dan oksigenasi jantung.

Pengertian gagal jantung secara umum adalah suatu keadaan patofisiologi adanya kelainan fungsi jantung berakibat jantung gagalmemompakan darah untuk memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan dan kemampuannya hanya ada kalau disertai peninggian tekanan pengisian ventrikel kiri.

  FLU BURUNG H5N1 PDF

Gagal jantung kongestif CHF adalah ketidakmampuan jantung memompa darah yang adekuat untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan oksigen dan nutrisi. Etiologi Penyebab CHF ada beberapa factor yang sering terjadi pada penderita kelainan otot jantung, menyebabkan menurunnya kontraktilitas pada jantung.

ASKEP GAGAL – Free Download PDF

Kondisi yang mendasari penyebab kelainan fungsi otot jantung meliputi: Penyakit arterosklerosis koroner yang mengak ibatkan disfungsi pada miokardium karena terganggunya aliran darah pada otot jantung.

Peradangan dan penyakitMiokardium degenaratif berhubungan dengan gagal jantung karena kondisi ini secara kongestid langsung merusak serabut otot jantung dan menyebabkan kontraksi menurun.

Factor sistemik, yang berperan dalam perkembangan dan beratnya gagal jantung seperti meningkatnya laju metabolisme misalnya demam, tirotoksikosis hipoksia dan anemia memerlukan peningkatan curah jantung kebutuhan oksigen sistemik. Hipoksia dan anemia juga dapat menurunkan suplai oksigen ke jantung. Asidosis respiratorik atau metabolik dan abnormalitas plektrolit dapat menurunkankontraktilitas jantung.

ASKEP GAGAL JANTUNG KONGESTIF EBOOK

Factor sistemik, yang berperan dalam perkembangan dan beratnya gagal jantung seperti meningkatnya laju metabolisme misalnya demam, tiroktositas hipoksia, dan anemia juga dapat menurunkan suplai oksigen kejantung. Patofisiologi Mekanisme yang mendasari gagal jantung meliputi gangguan kemampuan kontraktilitas jantung yang menyebabkan curah jantung normal. Frekuensi jantung adalah fungsi saraf otonom.

Tetapi pada gagal jantung dengan masalah utama kerusakan dan kekuatan serabtu otot jantung, volume sekuncup berkurang dan curah jantung normal masih dapat dipertahankan. Volume sekuncup adalah jumlah darah yang dipompakan pada setiap kontraksi tergantung pada tiga factor: Preload adalah jumlah darah yang mengisi jantung berbanding dengan tekanan yang ditimbulkan oleh panjangnya renggangan serabut jantung. Afterload, bergantung pada besarnya tekanan ventrikel yang harus dihasilkan utnuk memompa darah melawan perbedaan tekanan yang ditimbulkan oleh tekanan afterload.

Manifestasi klinis 1 Edema pada tungkai 2 Hepatomegali dan nyeri tekan pada kuadran kanan atas abdomen terjadi akibat pembesaran vena hepar. Pengumpulan cairan dalam rongga abdomen ini dapat menyebabkan tekanan pada diafragma dan distress pernapasan.

Perbandingan Penyakit Paru Obstruktif Kronis dan Gagal Jantung Kongestif

Hipertropi arterial dan ventrikuler, penyimpanga n aksis, iskemia. Tindakan penyuntikan fraksi dan memperkirakan gerakan dinding.

Dapat menunjukkan dimensi pembesaran bilik, perubahan dalam fungsi atau struktur katub dan area penurunan kontraktilitas ventrikuler. Menggunakan ultra sonograpi untuk melihat keadaan jantung. Penatalaksanaan Tujuan dasar penatalaksanaan pasien dengan gagal jantung adalah sebagai berikut: Dukung istirahat untuk mengurangi beban kerja jantung. Meningkatkan kekuatan dan efisiensi kontraksi jantung dengan tambahan bahan-bahan farmakologis.

Menghilangkan penimbunan cairan tubuh berlebnihan dengan terapi diuretic, diet dan istirahat. Adapun penatalaksanaan yang diberikan adalah: Penatalaksanaan lain 1 Meningkatkan oksigen dengan pemberian oksigen dan menurunkan konsumsi gagao melalui istirahat dan pembatasan akt ivitas. Disebabkan kurangnya mobilitas pasien penderita jantung dan adanya gangguan sirkulasi yang menyertai kelainan ini berperan dalam pe mbentukan thrombus intrakardial dan intravaskuler.

  AVVENTURE EBERRON PDF

Konsep dasar keperawatan Proses keperawatan terdiri dari lima langkah penting yang harus dilakukan secara berurutan yaitu: Pengkajian harus dilakukan secara teliti sehingga didapatkan informasi yang tepat. Adapun hal-hal yang dikaji dalam kasus ini antara lain: Rabas vagina cenderung infeksi masalah impoten pada pria, kesulitan orgasme pada wanita Doenges,hal: Diagnosa keperawatan Memberikan dasar-dasar memilih jantuny untuk mencapai hasil yang menjadi tanggung jawab dan tanggung gugat perawat.

Adapun diagnosa keperawatan yang muncul pada klien dengan diabetes melitus secara teoritis sebagai berikut: Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dngan ketidak seimbangan insulin.

Kurang pengetahuan mengenai penyakit, prognosis dan kebutuhan pengobatan berhubungan dngan kurang mengingat dan kurang informasi. Pada dasarnya pembuatan prioritas masalah dibuat berdasarkan kebutuhan dasar manusia. Menurut Abraham Maslow, meletakkan kebutuhan fisiologis sebagai kebutuhan yang paling dasar, rasa aman, mencintai dan dicintai, harga diri dan aktualisasi diri. Berikut ini disajikan rencana keperawatan berdasarkan masing-masing diagnosa Doenges, et.

Volume cairan dalam batas normal. Kebutuhan nutrisi terpenuhi Kriteria Hasil: Mengidentifikasikan tingkat aktivitas yang dapat ditoleransi secara fisiologis Doenges, hal: Pelaksanaan Pelaksanaan tindakan keperwatan ada lah inisiatif dari rencana tindakan yang spesifik.

Pelaksanaan merupakan aplikasi dari perencanan keperawatan oleh perawat bersama klien. Halhal yang harus kita perhatikan dalam melakukan implementasi adalah intervensi yang dilakukan sesuai dengan rencana. Setelah dilakukan validasi, penguasaan keterampilan interpersonal, intelektual dan tekhnik intervensi harus dilakukan denga cermat dan efisien pada situasi yang tepat, keamanan fisik dan psikologis dilindungi dan dokumentasi keperawatan berupa pencatatan dan pelaporan Nursalam, 5.

Evaluasi Evaluasi adalah suatu yang direncanakan dan perbandingan yang sitematis pada status kesehatan klien.

Evaluasi terdiri dari dua jenis, yaitu evaluasi formatif tagal e valuasi sumatif. Evaluasi ini dilakukan pada akhir tindakan keperawatan paripurna dan menjadi satu metode dalam memonitor kualitas dan efisiensi tindakan yang diberikan. Tujuan evaluasi adalah untuk mendapatkan umpan balik rencana keperawatan, nilai, serta meningkatkan mutu asuhan keperawatan melalui hasil perbandingan standar yang telah ditentukan sebeluimnya. Perencanaan pulang Informasi yang diberikan kepada klien dibuat sesuai dengan kebutuhan, perawat harus mengkaji kesimpulan fisik untuk menjalankan keperawatan jantunv klien.

Adapun informasi yang diberikan kepada klien meliputi: Meningkatkan konsumsi nutrisi bervitamin yang dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Mengetahui tanda dan gejala timbulnya penyakit diabetes melitus ini dan segera berobat kefasilitas kesehatan terdekat. Remember me Forgot password? SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Your consent to our cookies if you continue to use this website.